Sabtu, 01 Mei 2010

"masa depan = misteri" ?


Pernah gak sih kita berfikir tentang apa yang bisa kita capai di masa depan? Dan jawabannya adalah "tentunya pernah". Pertanyaan itu sangat universal dan pupuler didalam pikiran para remaja pada saat itu. Mungkin di kala ingin terlelap dalam tidur, sempat terbesit satu pikiran yang menjadi tanda tanya besar bagi mereka.

Pertanyaan yang biasa muncul biasanya sesuai dengan 5W1H. Tetapi tema dari pertanyaan itu adalah pencapaian impian yang mereka harapkan. Memang pada saat itu kita tidak bisa menerawang apa yang akan dicapai dan terjadi di masa depan. Masa depan memanglah sebuah misteri nyata yang selalu menjadi tanda tanya besar bagi pemikirnya, akan tetapi kemarin - sekarang - esok adalah sebuah batasan waktu dimana para remaja merencanakan segala sesuatunya untuk mencapai tujuan yang ditargetkannya, serta melangkah bebas sesuai dengan alurnya. Para suksesor sering mengatakan bahwasanya, "usahakan, lakukan yang terbaik untuk hari ini saja. Instrospeksi dan refleksi diri anda setiap hari. Semuanya harus berusaha dilakukan yang terbaik walau kemampuan terbatas". Mengapa demikian? Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, kecuali kaum itu sendiri yang mengubahnya. Dalam artian, kita tidak akan mendapatkan refleksi/ pantulan dari usaha kita jika kita tidak berusaha untuk melakukan yang terbaik.

Dan sekali lagi, apakah "masa depan = misteri"? Jawabannya adalah "Ya" untuk hari ini dan kemarin, tetapi "tidak" untuk besok. Karena esok masa depan adalah sebuah jawaban nyata dari hasil kerja keras kita.

Lakukan yang terbaik, kemarin-sekarang-esok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar